Kamis, 09 September 2010

ca brokoli saus tiram untuk malam takbiran

meskipun udah pake jasa katering,, tetap aja ada yang kurang.
aku ga bisa request hari ini masak apa,, apa aja yang aku suka atau yang ga aku suka.
misalnya kemaren,, dimasakin bude (aku pake jasa katering punya bude Ami) terong yang ditumis pake kecap. enak sih,, tapi aku ga tahan makan terong. lidahku gatal semua :(
hari ini menunya malah ga nyambung: ayam kecap, sayurnya labu siam yang dimasak santan :( , sama tahu goreng
omg... (mungkin karena tukang sayur udah pada mudik sejak senin kemaren)
aku sama sekali ga nyentuh sayurnya. enek... (aku lagi hamil muda),, udah beberapa bulan ini aku emang GA MAKAN masakan berSANTAN

ya ampun..
terus darimana dong aku dapet asupan SAYUR?

mau ga mau aku harus masak

thanks god aku udah prepare sayur (brokoli, buncis, wortel, jagung), daging (udang, cumi, bakso sapi, nugget), n beberapa bumbu (bawang putih, bawang bombay)

jadi,, akhirnya aku masak:
ca brokoli saus tiram
(menu favoritku -yang akhirnya juga jadi favorit ayah n yodha)


bahan:

minyak goreng atau margarin (untuk menumis)
brokoli (seadanya)
bawang bombai (biasanya aku pake setengah bawang bombay untuk sekali masak)
udang (seadanya)
bawang putih (3 siung besar, cincang halus)
tepung maizena (1sdt, dilarutkan dalam sedikit air)

saus:
air (sekitar 100ml atau sekitar setengah gelas)
saus tiram (1 setengah sendok makan)
garam (secukupnya)
merica bubuk (secukupnya-kalau aku masak u dimakan bareng yodha, aku ga pake merica)
minyak wijen ( 1 setengah sendok teh)

cara masak:
1. lepaskan brokoli dari tangkai, rendam dalam air yang sudah dicampur garam (supaya binatang / cacingnya mati)
2. iris bawang bombay (aku suka cincang halus kalau masaknya untuk yodha)
3. belah punggung udang, jangan sampai putus, buang serat hitamnya
4. panaskan margarin (atau minyak goreng) dalam wajan,
5. tumis bawang putih sampai harum
6. masukkan bawang bombay.
7. setelah agak layu, masukkan brokoli, aduk
8. tuangi saus, tunggu sampai mendidih (supaya brokolinya juga agak empuk u yodha)
9. masukkan udang, aduk sampai udang berubah warna
10. masukkan larutan tepung maizena,
11. aduk sampai kental.
12. angkat, dan hidangkan :)

akhirnya,, berhubung malam ini ayah piket,, jadi yang makan ca brokoli saus tiram di malam takbiran ini cuman aku ama yodha aja

selamat menikmati
(hiks)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar